Main Article Content
Abstract
Pendidikan termasuk sebuah kebutuhan mendasar dalam kehidupan karena merupakan
faktor yang dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sehingga dapat dilihat ribuan
siswa berupaya untuk men gikuti seleksi masuk perguruan tinggi setiap tahunnya. Hal ini
menjadikan pemilihan jurusan di perguruan tinggi adalah hal yang penting disebabkan
jurusan yang dipilih akan menentukan masa depan. Akan tetapi, banyaknya jurusan yang
dapat dipilih membuat sebagian besar siswa mengalami dilema dalam pemilihan jurusan yang
tepat menyebabkan siswa cenderung salah dalam menentukan jurusan. Penelitian ini
menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Procces) yang berperan untuk membobotkan
kriteria dan ELECTRE (Elimination and Choice Expressing Reality) yang berperan sebagai
merengking alternatif. Adapun kriteria yang digunakan yaitu mata pelajaran Matematika, mata
pelaran Bahasa Inggris, mata pelajaran Pendidikan Kewarga Negaraan ( PKN) dan mata
pelajaran Ekonomi sedangkan alternatif yang digunakan diantaranya adalah program studi
teknik informatika, program studi pendidikan matematika, program studi manajemen,
program studi pendidikan bahasa inggris, program studi akuntansi, program studi ilmu hukum,
program studi keperawatan, program studi administrasi kesehatan. Hasil dari penelitian yang
dilakukan adalah jurusan yang direkomendasikan oleh sistem berdasarkan rangking alternatif
dari inputan perbandingan kriteria oleh siswa.