Main Article Content
Abstract
Pada penelitian ini, dilakukan eksplorasi dan pengembangan visualisasi interaktif untuk algoritma backtracking dalam menyelesaikan masalah jalur terpendek pada grid 2 dimensi. Metode algoritma backtracking digunakan untuk melakukan pencarian jalur terpendek dari posisi awal menuju titik tujuan dalam grid. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana algoritma backtracking bekerja dan memvisualisasikan prosesnya dengan jelas melalui antarmuka yang interaktif dan intuitif. Dalam penelitian ini, dirancang dan dikembangkan sebuah perangkat lunak yang memungkinkan pengguna memasukkan grid 2 dimensi dengan rintangan dan titik awal serta titik tujuan. Algoritma backtracking diimplementasikan dalam perangkat lunak untuk mencari jalur terpendek dari posisi awal ke titik tujuan. Selama pencarian, setiap langkah yang diambil dan jalur yang dihasilkan divisualisasikan secara real-time dalam bentuk grafik grid 2 dimensi yang interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa visualisasi interaktif algoritma backtracking dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang proses pencarian jalur terpendek dalam grid 2 dimensi. Pengguna dapat melihat langkah-langkah yang diambil oleh algoritma dan memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana algoritma mencari solusi. Selain itu, pengguna dapat berinteraksi dengan visualisasi tersebut, seperti mengubah grid, memulai ulang pencarian, atau mengamati animasi langkah demi langkah.